Manfaat Buah Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui


Hallo! sahabat, pembaca Blog Merah Tosca (BMT) dimanapun berada, saya doakan agar kita semua, setiap hari selalu di anugrahi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa, aamiin ya Rabbal Alamiin.

Jika ada pertanyaan gokil seperti ini didalam forum “Siapa didunia ini yang ingin sakit, ingin kena kanker, ingin sakit jantung, ingin kena kolestrol, dll ?” Sudah pasti tidak akan ada orang yang mau mengangkat tanganya dan menjawab “Saya ingin sakit”. Pasti semua orang akan menjawabnya saya ingin panjang umur dan selalu sehat.

Betapa berharganya kesehatan bagi kehidupan kita. Sebab hanya dengan sehat kita bisa melakukan semua hal baik apa saja yang kita inginkan. Mengenai hidup sehat pasti sering kali kerap terdengar di telinga kita quotes petuah yang berbunyi “Sehat itu mahal”, dan saya membenarkan kata-kata itu.

Namun tafsiran saya mengenai kata bijak tersebut diatas, bahwa sehat itu mahal pada orang sakit, akan tetapi sehat itu murah pada orang yang belum terkena penyakit. Jadi marilah kita selalu menjaga kesehatan tubuh kita dengan cara mengkonsumsi makanan yang baik seperti mengkonsumsi buah-buahan.

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tips kesehatan, yang fokus pembahasanya tentang manfaat buah-buahan untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit langsung saja simak penjelasan manfaat buah-buahan dalam kehidupan kita yang saya rincikan dibawah ini.

9 Buah Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung

Pada penjelasan pertama di dalam artikel manfaat buah-buahan, sengaja saya menaruh perhatian pertama pada penjelasan makanan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Ini karena penyakit jantung menurut data dari World Health Organization (WHO), penyakit stroke dan jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Dilihat data tahun 2016 saja, ada sekitar 15,2 juta orang didunia meninggal karena dua penyakit tersebut (Jantung dan Stroke).

Namun disini anda tidak perlu khawatir, ada cara mencegah agar tidak terkena penyakit jantung dan stroke yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan yang dijabarkan dibawah ini, sebagai berikut :

1. Pisang
Buah Pisang menurut para dokter, dipercaya mampu menyehatkan jantung dikarenakan buah pisang mengandung kalium. Kegunaan dari Kalium, mampu mengontrol tekanan darah serta mampu mengurangi ketegangan pada pembuluh darah jantung. Manfaat mengkonsumsi  buah Pisang,  1 buah saja sudah dapat memenuhi 9% asupan harian Kalium.

2. Jeruk
Manfaat buah Jeruk, Jeruk merupakan buah yang paling banyak mengandung air, sehingga akan terasa menyegarkan bagi tubuh ketika dikonsumsi. Jeruk termasuk buah yang direkomendasikan para ahli kesehatan jantung untuk dikonsumsi para penderita sakit jantung maupun non penderita jantung. Karena didalam buah jeruk terkandung Vitamin C, Serat, Kalium dan Kolin yang semuanya ini merupakan komponen yang menyehatkan bagi jantung.

3. Melon Jingga
Buah Melon
Selain buah Jeruk, Melon juga termasuk buah yang mengandung banyak air serta serat tinggi. Sehingga buah Melon termasuk buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung. Efek yang akan dirasakan ketika anda mengkonsumsi buah melon adalah dapat meringankan tugas jantung dalam memompa darah.

Manfaat buah Melon Jingga, selain mampu mencegah dari serangan jantung. Buah Melon juga mampu menurunkan resiko terkena penyakit Diabetes.

4. Buah Berry (Blueberry, Blackberry, Raspberry, Strawberry)
Manfaat buah Berry seperti yang disebutkan dalam dunia medis bahwa Mengkonsumsi kelompok buah berry dalam keadaan mentah, dipercaya dapat mencegah penyakit jantung. Karena kelompok buah berry ini didalamnya memiliki kandungan zat kimia yang mampu membasmi peradangan penyebab tekanan darah tinggi.

5. Apel
Didalam buah Apel mengandung serat larut, sehingga manfaat buah Apel diyakini mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Selain mengandung serat larut, buah Apel juga mengandung Polifenol (zat kimia pada tumbuhan) yang memiliki efek antioksidan. Dan kadar dari Polifenol yang paling tinggi terdapat pada kulitnya.

Maka dari itu, Cara mengkonsumsi buah apel yang benar adalah memakan daging buahnya beserta kulitnya (kulit buah apel). Namun sebelum dikonsumsi harap mencuci bersih buah Apel terlebih dahulu.

6. Kiwi
Buah Kiwi
Jika dipasar anda tidak menemukan buah Pisang, manfaat buah Kiwi bisa mengganti buah Pisang yang biasa anda konsumsi. Karena buah yang didalamnya berwarna hijau segar ini (buah Kiwi) terkandung 215 gram kalium.

7. Persik
Manfaat dari buah Persik yaitu mampu mengurangi kadar kolestrol jahat dan menurunkan tekanan darah serta trigliserida (salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan didalam darah). Buah Persik fungsinya bisa mengikat Asam Empedu kemudian membuangnya melalui kotoran, sehingga diyakini apabila dikonsumsi bisa menyehatkan jantung.

8. Pepaya
Tidak hanya buah pisang yang memiliki kandungan  serat dan Kalium, buah Pepaya juga memiliki kedua kandungan itu sehingga mengkonsumsi buah Pepaya bisa menyehatkan jantung. Sebelum makan Nasi sangat di anjurkan mengkonsumsi buah Pepaya terlebih dahulu.

9. Aprikot
Buah Aprikot
Di dalam Buah Aprikot, memiliki banyak kandungan air serta Antioksidan seperti Beta Karoten, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, dan memiliki Flavonoid yang sama seperti dengan buah Apel.

Flavonoid pada Aprikot berbentuk asam Klorogenat, Kuersetin dan Katekin yang dimana fungsi dari ketiga komponen Flavonoid ini mampu menetralkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh, sehingga manfaat buah Aprikot  yakni dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung dikemudian hari.

5 Macam Buah yang Bermanfaat Untuk Ginjal

Kalo yang pertama tadi kita membahas buah-buahan yang bisa menyehatkan jantung. Pada pembahasan kedua ini saya akan menjabarkan buah yang bermanfaat untuk kesehatan Ginjal. Silahkan simak penjelasanya dibawah ini :

1. Apel
Manfaat buah Apel, selain bisa menyehatkan jantung. Buah apel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan Ginjal. Buah yang kaya dengan Antioksidan, serta memiliki sifat Inflamasi dan mengandung Pektin ini dapat memperbaiki fungsi Ginjal dan menjaganya tetap sehat.

2. Anggur
Manfaat buah Anggur dapat melindungi Ginjal dari kerusakan. Kandungan Resveratrol senyawa anti Inflamasi dapat memperbaiki fungsi Ginjal dan menjaga keseimbangan Elektrolit. Manfaat mengkonsumsi buah Anggur, minimal 15 buah dalam sehari yaitu sudah cukup menjaga kesehatan Ginjal.

3. Cranberry
Buah Cranberry
Manfaat buah Cranberry yaitu dapat menyembuhkan penyakit infeksi saluran kemih (saluran kencing). Selain itu Cranberry juga bermanfaat bagi kesehatan Ginjal. Ini dikarenakan buah Cranberry memiliki kandungan rendah Potasium namun kaya akan zat Antioksidan sehingga diyakini parah ahli medis mampu mengeluarkan asam urat yang berlebihan didalam tubuh.

4. Semangka
Buah Semangka merupakan buah yang mengandung banyak kandungan air dan mineral. Manfaat buah Semangka yaitu untuk Detoksifikasi alami (membersihkan racun) pada tubuh dan meningkatkan fungsi ginjal.

5. Lemon
Manfaat buah Lemon adalah dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Sama halnya dengan semangka, buah lemon juga memiliki banyak kandungan air. Cara mengkonsumsi buah lemon agar mendapatkan manfaat yang banyak, disarankan agar menyajikanya dalam bentuk Jus.
ChaerulNurul
ChaerulNurul Content Writer In Merahtosca

1 comment for "Manfaat Buah Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment