Agar Tidak Mengalami Iritasi Kulit, Begini Cara Pakai Masker Kesehatan Yang Benar


Menggunakan Masker Kesehatan pada saat sekarang ini, sangatlah wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia. Melalui berbagai media, Kementrian Kesehatan telah menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia baik yang sedang sakit ataupun dalam keadaan sehat wajib menggunakan Masker Wajah pada saat beraktifitas diluar rumah.

Hal ini dikarenakan, tingginya angka statistik kasus penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang semakin hari, bertambah jumlah Pasien Positif, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), serta jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP). Bagi sobat yang penasaran dengan Perkembangan Covid-19 khususnya di Indonesia, silahkan di pantau pada website nya >>  www.covid19.go.id .

Namun terkait dengan penggunaan Masker Kesehatan. Ada satu masalah yang sering dialami banyak orang pada saat menggunakan masker kesehatan, yaitu terjadinya Iritasi (luka) pada kulit wajah. Menurut ahli perawatan kulit Prof. Jhon Mark mengatakan, terjadinya iritasi kulit wajah saat menggunakan masker disebabkan karena adanya gesekan kulit dengan kain masker pada area Pipi dan Hidung. Iritasi kulit sering kerap terjadi pada kulit wajah yang berkeringat.

Jika Iritasi ini dibiarkan maka akan terjadi Infeksi pada kulit. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya Iritasi kulit wajah saat menggunakan masker,Blog Merah Tosca akan membagikan tips kesehatan terkait cara pakai masker kesehatan yang benar. Silahkan simak penjelasanya berikut ini.

Untuk Mencegah Iritasi Kulit, Bagaimana Cara Pakai Masker Kesehatan Yang Benar ?

1. Bersihkan wajah sebelum menggunakan Masker Kesehatan, guna mencegah adanya kotoran atau debu yang menempel pada kulit.

2. Jagalah kulit wajah dari dehidrasi (kering). Dengan cara perbanyak minum air putih minimal 7 liter/hari huntuk penuhi kebutuhan cairan pada tubuh.

3. Sebelum pakai Masker, disarankan setelah membersihkan wajah agar menggunakan pelembab wajah 30 Menit sebelum pakai masker. Ini mencegah kulit, tidak kering. Karena jika kulit kering gampang terjadi Iritasi.

4. Rutinlah mengganti masker maximal 1 hari sekali pakai. Jangan memakai masker selama berhari-hari, apalagi jika masker kesehatan yang dipakai sudah kotor karena debu atau basah karena keringat. Disarankan untuk memakai masker kesehatan dalam keadaan bersih serta kering.

5. Untuk aturan pakai masker bagi tenaga medis, dianjurkan melepaskan masker setiap 2jam sekali, guna untuk melemaskan kulit wajah dari cengkraman masker. Namun perlu diperhatikan jika hendak melepaskan masker, lepaskanlah di area yang steril.

6. Pakailah masker hingga menutupi area sensitif (Hidung dan Mulut).

7. Ketika masker sudah menutupi wajah, hindari untuk tidak menyentuh masker yang sedang digunakan.

Itulah tips singkat cara pakai masker yang benar sehingga dapat mencegah iritasi kulit akibat penggunaan masker kesehatan. Namun ada tambahan tips dibawah ini sebagai pelengkap, dari tips cara pakai masker yang benar, langsung saja disimak penjelasanya dibawah ini.

Hal yang Perlu di Perhatikan Sebelum Mengganti Masker

Tidak cukup jika hanya mengetahui cara serta aturan pakai masker yang benar, ternyata ada juga hal yang perlu dilakukan sebelum mengganti masker yang dipakai. Ahli kesehatan dunia (WHO) menganjurkan , setiap orang yang memakai masker kesehatan ketika ingin membuka masker hendaknya membersihkan tangan terlebih dahulu menggunakan Handsanitizer atau sabun.

Setelah melepaskan Masker kesehatan, hendaknya melipat masker dengan lipatan yang benar yaitu bagian luar dilipat menutupi bagian dalam dan membuangnya pada tempat sampah. Untuk menjaga kebersihan lingkungan, jangan membuang masker yang selesai dipakai, pada tempat yang bukan selain tempat sampah, misalnya seperti dilantai atau ditempat terbuka lainya.

Cukup sekian artikel ini. Terimakasih sudah membacanya dan semoga bermanfaat.
ChaerulNurul
ChaerulNurul Content Writer In Merahtosca

Post a Comment for "Agar Tidak Mengalami Iritasi Kulit, Begini Cara Pakai Masker Kesehatan Yang Benar"