6 Point Penting yang Perlu di Siapkan Bagi Traveler Pemula Sebelum Traveling


Traveling merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi para peminat Hobi ini yaitu Traveler, sebutan yang sangat akrab di Zaman Now. Mengunjungi wilayah-wilayah di belahan dunia yang belum pernah dikunjungi oleh para Traveler adalah suatu hal yang menantang. Namun bagi anda yang belum pernah sama sekali, atau baru pertamakali ingin menjadi seorang Traveler, saya menyarankan anda harus mempersiapkan hal-hal penting sebelum mengeksekusi hobi yang menantang ini.

Pentingnya mempersiapkan diri terlebih dahalu, sebab menjadi seorang Traveler tidaklah semudah yang kita lihat di TV, yang penting punya duit, Kamera, lantas langsung saja mengeksekusi untuk berkunjung ketempat yang ingin kita tuju, tidak begitu juga Ferguso hehe. Ada hal-hal yang penting serta persiapan yang wajib disiapkan. Hal ini bertujuan agar kegiatan Traveling sobat dapat berlangsung dengan aman dan nyaman.

Untuk itu pada Artikel kali ini saya akan berbagi Tips kepada sobat sekalian khususnya kepada sobat Merahtosca yang baru pertama kali ingin melakukan Traveling, baik tujuanya ke Luar Negeri maupun Dalam Negeri.

Tips Traveling yang akan saya bagi kepada sobat sekalian berdasarkan dari pengalaman saya pribadi dan sebagian saya kutip dari pengalaman-pengalaman teman-teman Traveler saya yang tergabung dalam Group Facebook Backpacker Indonesia. Maka dari itu tidak perlu berlama-lama, silahkan di sedot Tips Traveling ala Blog Merahtosca.

1. Melakukan Riset

Bukan hanya dalam membuat Skripsi sobat harus melakukan Riset, dalam dunia Traveling pun sobat harus melakukan Riset terlebih dahulu sebelum mengeksekusi tempat yang akan di tuju.

Riset yang saya maksudkan disini adalah Riset Harga tiket transportasi yang akan sobat gunakan, baik laut, darat maupun udara (Pesawat, Kapal, Kereta Api, Bus dll), Riset harga Penginapan dan Riset keadaan serta kondisi tempat yang akan menjadi tujuan kita, apakah tempat itu rawan dan lain sebagainya.

Meriset atau Mencari tahu terlebih dahulu keadaan tempat yang akan dituju, sangat penting untuk tidak di abaikan. Jika belum pernah ke tempat itu untuk mengetahui keadaan tempatnya silahkan sobat mencari referensi di Internet terkait tempat tersebut, atau menanyakan kepada teman dekat, dll.

Jangan mudah tergiur dengan View atau pemandangan yang indah dari tempat tersebut, lalu langsung berangkat ke tempat itu. Kita harus cari tau dulu ini tempat aman nggak kalau kita melakukan perjalanan sendirian. Nggak ada gunanya dengan pemandangan bagus tempat yang menjadi tujuan traveling kita kalo ternyata tempat itu berbahaya bagi pengunjung, banyak Premanya, atau bisa saja banyak hantunya. Maka dari itu pentingnya melakukan riset terlebih dahulu sebelum di eksekusi.

2. Merancang Anggaran & Agenda Perjalanan

Setelah anda selesai melakukan riset, sekarang yang perlu anda siapkan adalah merancang Anggaran serta membuat agenda perjalanan secara detail, mulai dari awal berangkat estimasi sampai dari titik satu ke titik yang lain, biaya-biaya yang harus dikeluarkan mulai dari transportasi, makan dan minum dalam perjalanan.

Ini harus dirancang se spesifik mungkin agar tidak terjadi hambatan pada kegiatan Traveling kita, seperti terjadinya Over Budget atau pengeluaran anggaran melebihi dari apa yang sudah kita anggarkan. Over Budget ini sering kali terjadi dan pasti setiap Traveler di belahan dunia pun pernah mengalami hal ini. Salah satu penyebab terjadi hal ini yaitu berlebihan dalam membeli Oleh-oleh / Cenderamata unik dari tempat yang di kunjungi.

Tidak bisa dibayangkan apabila anda mengunjungi negeri orang atau Traveling, sendirian dan anda mengalami Over Budget, mau minta tolong gak ada satupun yang anda kenal. Bisa jadi nasib anda menjadi gembel di Negeri orang, seperti yang di alami Turis yang berkunjung di Bali namun anggaranya sudah habis, terpaksa mereka menjadi gembel minta-minta kepada para wisatawan.

Alih-alih pengen pulang membawa cerita dan pengalaman yang baik eh ini malah pulang membawa cerita menyedihkan untuk orang terdekat. Untuk mengindari terjadinya hal mengerikan di atas, sebaiknya sobat rancang anggaran dan agenda perjalanan sobat se detail atau se spesifik mungkin.

3. Manage (Mengatur) Estimasi Waktu Kedatangan Di Tempat Tujuan

Mengestimasi waktu perjalanan hingga tiba di tempat tujuan kita, sangatlah penting untuk kita lakukan, agar mengurangi resiko dalam kegiatan Traveling kita. Perkiraan waktu kedatangan yang paling baik sampai di tempat tujuan itu adalah Siang hari. Karena tidak mungkin, ketika sampai di lokasi kita langsung menuju tempat wisata.

Hal yang pertama kali kita lakukan saat tiba di Kota yang menjadi tujuan kita pastinya kita mencari dimana tempat Penginapan yang nyaman, dengan dengan lokasi wisata, dan yang paling tidak kalah pentingnya juga harga  dari penginapanya cocok atau bersahabat dengan kantong kita hehe. Dan sebisa mungkin kita menghindari sampai di tempat tujuan itu di larut malam, apa lagi jika sobat adalah perempuan sangat tidak di anjurkan larut malam di perjalanan.

4. Simpan Dokumen, Barang Penting Di Tempat Yang Aman

Dalam melakukan kegiatan Traveling ini tak kalah pentingnya juga kita menyiapkan tempat yang aman untuk menyimpan dokumen penting kita seperti Visa, Pasport, KTP, Kartu ATM, Kartu Kredit, dan sejenis barang penting lainya.

Pisahkan barang-barang ini dari tempat penyimpanan uang atau dompet, ini supaya apabila terjadi hal yang tidak di inginkan selama kegiatan Traveling, contoh kasusnya tiba-tiba dalam kegiatan dompet kita hilang, dokumen penting seperti KTP, Pasport, tidak ikut hilang.

Saran saya, dokumen penting ini di backup juga kedalam penyimpanan online atau 'Cloud' ini menjaga ketika terjadi hal yang saya sebutkan tadi di atas, anda masih punya cadangan dokumen asli dalam bentuk digital.

5. Simpan Nomor Penting dan Jadikan Sebagai Nomor Panggilan Darurat

Sebelum melakukan kegiatan Traveling, ada baiknya anda menyimpan kontak atau Nomor telp, dari orang terdekat anda terutama Orang Tua anda (Mama, Papa), Abang, Adek, atau Sahabat yang paling dekat.

Jadikan nomor mereka sebagai kontak darurat dalam Handphone anda. AgarAgar supaya terjadi apa-apa dalam perjalanan, ini dapat memudahkan kita menghubungi serta menyampaikan keadaan darurat yang sedang kita alami saat itu juga.

6. Selalu Abadikan Momen Kegiatan Traveling Anda Setiap Berpindah Lokasi.

Point yang terakhir, yaitu penting mengabadikan setiap momen atau kegiatan yang kita lakukan dalam Traveling ke Sosial Media pribadi kita, mulai dari nama lokasi keadaan disekitar lokasi dll. Ini bertujuan bukan untuk Pamer, atau Riya'

Tidak usah memikirkan tanggapan orang-orang sirik atau kismin. Akan tetapi ini tujuanya untuk memberitahukan keadaan kita kepada orang terdekat kita, bahwa kondisi kita saat itu juga dalam keadaan aman. Para heaters dan sejenis kecebong jahat lainya tidak dapat berbuat apa-apa ketika kita mengalami musibah yang ada mereka malah senang dengan keadaan kita yang sedang tertimpa musibah.

Cukup sekian Artikel yang singkat dan padat ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat sekalian yang masih baru atau Newbie dalam dunia Traveling. Dan saya Do'a kan ketika anda sudah punya niat serta Budget yang cukup semoga perjalanan anda di Negeri orang atau di daerah orang berlangsung dengan aman, di Lindungi Tuhan Yang Maha Esa, sehingga bisa sampai dan pulang dengan selamat serta penuh kesan yang baik, yang sesuai dengan Ekspektasi anda. *Trims

ChaerulNurul
ChaerulNurul Content Writer In Merahtosca

Post a Comment for "6 Point Penting yang Perlu di Siapkan Bagi Traveler Pemula Sebelum Traveling "